Resep Spesial Sosis Sehat Sosis Ayam Sayuran Praktis

Resep Sosis Sehat, Sosis Ayam Sayuran Homemade - Jajanan Sosis ini di sukai sama hampir semua anak-anak, Namun sayang sosis yang di jual itu kebanyakan mengandung bahan kimia dan bahan pengawet. Apabila bunda mau memberikan sosis yang aman, menyehatkan, dan enak tanpa bahan-bahan yang berbahaya, solusinya ialah musti bikin sendiri tentunya hehehe.



Sosis buatan Shinta Lestari ini adalah sosis yang menyehatkan karena selain pakai bahan-bahan pilihan, di dalamnya juga di tambahkan bahan sayuraan seperti wortel dan buncis, pokoknya cocok banget apabila di konsumsi anak-anak yang tidak suka makan sayur-sayuran, dan berikut adalah resepnua :
 
Sosis Ayam dan Sayuran Homemade

Bahan - Bahan :
  •     Fillet ayam 400 gram
  •     Wortel, parut halus 1 buah (aku tambahkan buncis di iris tipis menjadi 4 batang)
  •     Bawang putih 1 siung, dihaluskan
  •     Tepung sagu 4 sendok makan
  •     Telur 1 butir
  •     Garam 1 sendok teh
  •     Merica halus 1/4 sendok teh (aku tambahkan lada hitam 1 sendok teh)
  •     Air es 50-75 ml
Cara membuat Sosis Ayam dan Sayuran Homemade : 

  1.     Haluskan 400 gram fillet ayam menggunakan chopper atau food prosessor (aku pakai ayam giling saja jadi tidak usah di chopper lagi), lalu tambahkan bahan-bahan yang lain, aduk sampai rata.
  2.     Masukkan adonan ke dalam plastik es mambo (aku pakai casing sosis), lalu ikat kemudian kukus selama 25-30 menit atau sampai matang.
  3.     Dinginkan sosis lalu keluarkan dari dalam plastik, dan sosis pun kini siap bunda olah. 
 Cara memasukkan adonan ke dalam casing:
  1. Gunting plastik casing kira-kira seukuran 1 buah sosis yang bunda mau, misalnya dengan panjang @10 cm, lalu lebihkan sedikit untuk mengikat
  2. Pakai piping bag atau plastik segitiga itu yang biasa bunda gunkan untuk menghias kue tart, masukan adonan sosis ke dalam piping bag, lalu Ikat 1 ujung casing yang sudah di potong tadi, kemudian semprotkan adonan.
  3. Apabila masih ada udara yang terperangkap diantara adonan dan plastik casing, lakukan tusuk dengan jarum dan keluarkan udaranya supaya sosis hasilnya mulus tidak bopeng
  4. Padatkan, lalu ikatkan ujung yang lain menggunakan tali kasur

Catatan:
  1. 1. Untuk bunda yang belum mempunyai food prosessor seperti saya hehehe, supaya lebih praktis gunakan daging ayam giling
  2. 2. Untuk bungkusnya sebaiknya menggunakan casing sosis/plastik food grade ( yang belum tahu bisa bunda googling ya)
Sumber : Monde.id