Resep Kue Cenil, Jajanan Pasar Tradisional Sarat Nostalgia


Salah satu ragam kuliner yang bisa dengan mudah kita temukan di Indonesia adalah jajanan pasar. Sesuai namanya, jajanan pasar merupakan jajan atau makanan ringan yang biasa dijual di pasar tradisional. Jajanan pasar ini umumnya memiliki rasa yang manis sehingga banyak digemari terutama oleh anak-anak. Warna dari jajanan pasar ini juga bervariasi untuk semakin menarik minat pembeli. Jajanan pasar biasa dijual dalam porsi kecil sekali makan, umumnya dalam kemasan plastik atau dibungkus dengan daun pisang. Ragam jajanan pasar yang cukup populer di antaranya adalah gethuk, cenil, candil, lopis dan grontol jagung. Salah satunya yang akan dibahas di sini adalah resep kue cenil.

Kue cenil merupakan kue basah dengan bahan dasar dari tepung kanji. Kue ini terutama dikenal karena keunikan warna-warnanya yang cerah seperti merah, hijau dan kuning. Cita rasa dari kue ini juga termasuk sangat enak, yakni manis serta bertekstur kenyal. Kue cenil biasa disajikan dengan parutan kelapa serta gula pasir, membuatnya memiliki rasa gurih dan manis yang disukai banyak orang. Tidak heran apabila kue tradisional ini banyak dicari terutama untuk acara hajatan. Kue cenil biasa dijual dalam kemasan plastik kecil dengan tusuk gigi agar kita bisa memakannya. Bentuk kue adalah dadu-dadu kecil dan bisa dimakan dalam sekali suap per kuenya.

Proses pembuatan kue cenil sendiri cukup mudah. Akan tetapi di dalamnya dibutuhkan beberapa tahapan sebelum dapat dibuat kue cenil yang manis dan lezat. Bahan-bahan pembuatan kue ini juga mudah didapatkan dan tergolong sangat sederhana. Kita bisa membelinya di supermarket ataupun pasar tradisional. Kita bisa membuat kue ini sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang dibeli sendiri. Kuncinya adalah memperhatikan takaran bahan serta langkah-langkah pembuatan agar sesuai dengan resep yang tertera. Dengan begitu maka kita juga pasti bisa membuat sendiri kue cenil dengan rasa yang tidak kalah apabila kita membelinya di pasar tradisional. Berikut ini adalah resep kue cenil lengkap dengan bahan-bahan yang dibutuhkan, takaran untuk tiap bahan serta langkah-langkah pembuatannya. 

Bahan-bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kue Cenil Manis

Tepung kanji sebanyak empat ratus gram yang dilarutkan ke dalam enam puluh cc air matang di dalam satu wadah
Garam halus sebanyak satu sendok teh
Air matang sebanyak dua ratus lima belas cc
Daun pandan sebanyak sepuluh lembar yang dicuci lalu diiris tipis-tipis
Gula pasir sebanyak enam sendok
Daging kelapa sebanyak setengah butir yang diparut halus
Air bersih sebanyak dua liter yang direbus sampai mendidih
Pewarna makanan secukupnya dengan warna yang berbeda-beda
Cara Membuat Kue Cenil Manis

Larutkan garam dan air di dalam panci, kemudian rebus sampai mendidih serta matang. Ambil setengah bagian tepung kanji dan masukkan ke dalam air rebusan tersebut. Aduk sampai tepung bercampur rata dan menjadi kental. Angkat dan masukkan dalam wadah. Aduk serta olah agar rebusan tersebut menjadi tidak begitu panas.
Masukkan sisa tepung kanji ke dalam adonan, uleni hingga merata. Apabila sudah selesai, bagi adonan menjadi tiga bagian. Pada tiap bagan, campurkan dengan pewarna makanan.
Ambil tiap bagian adonan secukupnya saja dan bentuk menyerupai bola pingpong. Kemudian beri tusuk bambu menyerupai sate. Lakukan pada semua sisa adonan sampai habis tak bersisa.
Masukkan semua adonan yang telah dibentuk ke dalam panci berisi rebusan air serta daun pandan. Masak sampai benar-benar matang.
Apabila adonan telah matang, biasanya adonan akan mengambang di permukaan air.
Jika telah matang, angkat kue cenil dan simpan di dalam wadah. Taburkan kelapa parut serta gula pasir di atasnya.
Resep kue cenil telah selesai dan kue tradisional yang manis ini siap untuk dihidangkan.
Kue cenil memiliki tekstur lembut serta rasa manis yang khas sehingga membuatnya banyak disukai terutama oleh anak-anak. Penggunaan warna-warna cerah serta penambahan kelapa parut dan gula pasir membuat tampilan serta rasa kue tradisional ini semakin menarik. Kita bisa dengan mudah menemukannya di pasar tradisional ataupun membuatnya sendiri sesuai langkah-langkah yang tertera di atas tersebut.

Rahasia dari pembuatan resep kue cenil yang kenyal serta manis adalah bahan-bahan yang dipakai serta ketepatan takaran serta waktu pembuatan. Gunakan bahan-bahan yang berkualitas serta jaga kebersihan dari peralatan yang digunakan untuk memasak. Dengan demikian maka kita akan bisa membuat kue cenil yang nikmat pula. Untuk warna-warnanya bisa dipilih sesuai selera, walau biasanya kue cenil menggunakan pewarna merah serta hijau yang dominan. Demikian resep kue cenil ini. Selamat mencoba memasak jajanan pasar yang populer ini dan semoga berhasil. 

Resep Post By :  Hanifa Nafia Almeera

Sumber : http://reseponline.info/resep-kue-cenil-jajanan-pasar-tradisional-sarat-nostalgia/