Resep Simple Buttercream. Cukup 5 Menit Langsung Jadi!

Resep Buttercream saya kali ini tidak memakai gula halus tapi memakai simple syrup dan SKM.. cocok untuk flowers buttercream ataupun hiasan kue lainnya.. rasa manis bisa ditambah atau dikurangi tergantung selera.. kalau kurang manis bisa ditambah kadar gulanya di simple syrup.. 

perbandingan normalnya adalah 1:1 yang artinya kalau 100gr gula maka airnya 100ml.. tapi karena Buttercream lebih baik kadar airnya tidak banyak (cukup 80ml) maka yang bisa diubah adalah gulanya.. misalnya 150gr gula dengan 80ml air... atau kalau mau lebih kokoh bisa airnya dikurangi sampai ke 50 ml dengan gula tetap 100gr... yuuks mari dibuat 😊

Bahan-bahan
  • 500 gr mentega putih import
  • 200 ml susu kental manis
  • 80 ml simple syrup (100 gr gula+80 ml air+sejumput garam di masak hingga mendidih lalu dinginkan hingga mencapai suhu ruangan)
  • 1 sdm essence vanilla

Langkah
  1. Kocok dengan kecepatan sedang mentega putih hingga mengembang sempurna kurang lebih 20 menit. Rapikan sampingnya yang menempel agar ter-mixer sempurna dan ringan
  2. Kemudian masukkan simple syrup dan SKM + vanilla, kocok kembali 10 menit
  3. Buttercream siap digunakan.
  4. Tambahkan pewarna makanan sesuai selera. Cantik kan? 🌹🌹🌹
  5. Karena banyak yang tanya saya pakai spuit apa.. nah, saya jawab ya.. untuk mawar uk kecil dan sedang seperti yang saya buat, Saya memakai spuit wilton 103 dan 104 untuk membuat petal (kelopak) bunga mawar 😊
Sumber: cookpad