Gudeg Enak Tanpa Daun Jati Enak Simple No Lama

First Trial! Bikin gudeg nangka..deg2an kalo sampe gatot bisa kena omel suami pulang kerja xixixi.. :D
Syukurlah ttp layak dimakan,enak malah katanya,dikira suami malah beliiii.yeaayyy :d
Resep ini simpel ga pake daun jati..pkoknya cemplung2 diemin aja aku tadi skitar 2 jam lebi..hiks2 lama ya..mnrt resep malah seharusnya 4-5 jam.+lebi baik lagi masaknya di kuali tanah liat spy enakk.. cm aku ga telaten bener kalo selama itu,wkwkw.. jadinya terakhir2 aku gedein apinya dkitt biar cpt abis kuahnya #ngawurr bener..merusak tradisi :D
Cuss resepnya pake resep mba Diah Didi sama2 wong Semarang xixixi.. thx ya mba untuk resepnya . 


 Bahan-bahan :
  •     800 gram-1 kg Nangka muda(aku beli pasar uda di iris)
 BUMBU HALUS :
  •     10 btr Bawang Merah
  •     4 butir Bawang Putih
  •     8 butir Kemiri
  •     1 sdm Ketumbar
    BUMBU CEMPLUNG :
  •     6 lembar Daun Salam
  •     3 cm Lengkuas,keprak
  •     2 batang Serai keprak (abis,aku nda pakek)
  •     3 lembar daun jeruk purut (abis,aku nda pakek)
  •     150 gram Gula Merah(pengen manis tambahin aja)
  •     1 butir Kelapa,ambil santannya
  •     sesuai selera garam Gula penyedap
    TAMBAHAN :
  •     Telur rebus kupas sesuai selera jumlahnya;) 
Langkah :
  1. Cuci bersih nangka muda,siapkan bahan2
  2. Susun dalam kuali : Bumbu Cemplung,atasnya lg kasi bumbu halus,atasnya lagi Nangka,lalu siram air santan..
  3. Masak dengan api kecil,tutup rapat seperti di ungkep..skitar 4-5 jam.
  4. (kalo aku rada males nunggu lama2 aku cm 2.5 jam xixixi,sebisa mungkin dilamain ya,soalnya pasti beda harumnya;)
  5. Kalo uda setengah santan berkurang,aku tadi tambahin telor rebus..lanjut ungkep lagi,kasi bumbu sesuai selera,kalo suka manis,tambah gula merahnya yah ^^
  6. Trus diungkep sampai mengering.kalo suka kering banget,lamain aja masaknya..kalo suka masi ada kuah,bole lebi cpt diangkat..;)
  7. Siap dinikmati:)
  8. Aku cm tambahin sambel bajak+krupuk udang uda maknyusss..
  9. Seharusny kalo ada waktu bkin sambel krecek ya+ayam..spy bener2 lengkap kayak Gudeg Jogja..xixixi
  10. Hmm..
  11. Manis,legit,gurih.'nyamleng' orang jawa bilang xixixi..
  12. Telur adalah makanan utamaku,ga pernah ketinggalan dia.. hihihi
Sumber : Cookpad