Resep Castella Cake Khas Jepang. Tampil Mewah Dengan Bahan Sederhana

Pernah nyobain Castella cake khas jepang ini? Castella cake merupakan sejenis sponge cake yang sangat populer di Jepang, terutama di Nagasaki yang dianggap sebagai penghasil Castella cake terbaik. Cake ini aslinya dibawa oleh orang Portugis ke Jepang pada abad 16 yang lalu.

Castella atau Kasutera dalam lidah jepang, memiliki penamplian yang cukup mewah dan menggoda. Padahal kalau dilihat dari bahan-bahannya, kue ini sangat sederhana dan mudah dibuat. Bahan utamanya cuma telur, tepung terigu, dan gula pasir. Simple banget kan? Buat bunda yang penasaran pingin nyoba, silahkan simak resep berikut ini.

Bahan-bahan:
  • 100 gram tepung terigu protein tinggi, ayak
  • 75 gram gula pasir
  • 3 butir telur ayam suhu ruang
  • 3 sdm madu
  • 2 sdm air hangat


Olesan:
  • 2 sdm madu
  • 1 sdm air hangat


Cara membuat:
  1. Campur madu dengan air hangat di dalam gelas. Sisihkan.
  2. Mixer atau kocok telur dengan kecepatan rendah sekitar 10 detik saja, yang penting tercampur rata. 
  3. Tambahkan gula dan mixer dengan kecepatan tinggi sampai berwarna pucat dan mengembang 3 kali lipatnya.
  4. Tuang larutan madu, lalu mixer selama 15 detik dengan kecepatan rendah saja. 
  5. Selanjutnya masukkan tepung terigu secara bertahap (3 kali). Kocok dengan speed rendah selama masing-masing 15 detik.
  6. Tuang donan ke dalam loyang yang sebelumnya sudah dialasi kertas roti sebelumnya. Jangan terlalu penuh karena nantinya adonan akan mengembang dan naik. Tusuk adonan dengan sumpit lalu gerakkan zigzag supaya udara yang terjebak dalam adonan hilang
  7. Panggang adonan dalam suhu 170 selama 40 menit. Jika sudah matang, cukup matikan oven dan biarkan dingin di dalam oven ( jangan dikeluarkan dari oven krn kue bisa kempis karena penurunan suhu mendadak).
  8. Setelah dingin, keluarkan cake dari oven dan segera olesi dengan bahan olesan. Nikmat untuk dijadikan teman minum teh di sore atau malam hari.

Selesai! Gimana bunda, praktis dan gampang kan? Modal untuk membuat cake ini sangat terjangkau karena bahan-bahannya juga sangat sederhana dan mudah didapat.

Selamat mencoba yaa... Semoga berhasil!
Sumber: http://www.modern.id/2016/06/resep-castella-cake-khas-jepang-tampil.html