5 Tips Untuk Membuat Bawang Goreng yang Enak, Renyah dan Tahan Lama

Saya termasuk orang yang sangat suka dengan bawang goreng. Soto, bakso, sop, atau nasi putih rasanya jauh lebih enak kalau ditambah dengan bawang goreng. Saking sukanya, kadang bawang goreng malah saya jadikan camilan, digado langsung tanpa lauk apapun, hehehe.

Ketika browsing internet, saya jadi tau kalau ternyata bawang goreng itu mengandung zat MSG alami yang membuat masakan jadi lebih enak dan gurih. Wah jadi tambah seneng deh. Daripada pake MSG, mending dikasih bawang goreng yang lebih sehat.

Nah supaya lebih sehat dan hemat, yuk kita coba buat sendiri bawang gorengnya. Membuat bawang goreng yang enak dan renyah memang gampang-gampang susah. Salah sedikit aja bawang goreng bisa jadi gosong, terlalu berminyak atau jadi lembek. Berikut adalah beberapa tips supaya bawang goreng yang kita buat bisa rempurna enak dan renyahnya.

1. Pilihlah bawang merah berkualitas
Langkah pertama untuk membuat bawang goreng yang baik adalah memilih bawang merah yang berkualitas. Pilih yang masih segar dengan ukuran yang sedang atau besar.

2. Iris tipis-tipis
Irisan bawang yang terlalu tebal akan membuat bawang goreng menjadi lembek dan tidak renyah. Jika memungkinkan gunakanlah alat pengiris bawang supaya hasil irisannya tipis dan rata.

3. Tambahkan tepung maizena dan garam
Nah ini termasuk tahapan yang paling penting. Setelah diiris-iris, tambahkan garam secukupnya, dan diamkan sebentar supaya meresap. Setelah itu taburi dengan maizena secukupnya. Satu kg bawang membutuhkan kurang lebih 1-1.5 sendok tepung maizena saja. Diamkan sebentar, lalu goreng. Dijamin hasilnya akan lebih renyah.

4. Goreng dengan api kecil saja
Bawang goreng cepat sekali jadi gosong kalau digoreng dengan minyak yang terlalu panas. Pastikan pada saat menggoreng hanya menggunakan api kecil saja. Goreng dan aduk dengan cepat, dan segera angkat begitu bawang mulai menguning. Jangan sampai telat karena bawang masih akan bertambah kuning sesaat setelah diangkat.

5. Simpan di wadah tertutup dan kedap udara
Bawang goreng yang sudah diangkat dan ditiriskan sebaiknya segera dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup dan kedap udara supaya tidak melempem. Pastikan sisa minyak penggorengan sudah habis dengan cara ditiriskan di atas kertas koran atau tisu makan. Minyak goreng berlebih akan membuat bawang goreng jadi cepat tengik. Jika pingin lebih awet, bisa juga disimpan di dalam kulkas.


Selamat mencoba ya :)

Sumber: http://www.rahasia.id/2016/02/5-tips-untuk-membuat-bawang-goreng-yang.html