Resep Cheese Custard Muffin With Whipping Cream Super Ekonomis

Hari ini lagi pengin banget bikin cake yang enak tapi simpel buatnya. Akhirnya jatuh pilihan ke kue muffin. Olahan muffin yang terkenal cara membuatnya yang mudah memang selalu jadi alternatif yang pas ketika malas melanda. Proses pembuatannya no mixer, jadi tinggal cemplung-cemplung bahan lalu aduk-aduk hingga rata.
Walaupun tanpa mixer namun hasil akhir muffin selalu enak dengan teksturnya yang cukup lembut. Seperti olahan kue muffin yang pernah aku bagikan beberapa waktu lalu. Bunda bisa cek resepnya di sini Resep Kue Muffin Vanila Chocohips. Kue muffin vanila ini enak banget bun, apa lagi taburannya chocochip jadi di sukai anak kecil.

Nah, pada kesempatan kali ini aku akan mencoba berbagi olahan muffin lainnya yang menggunakan tepung custard. Bukan chocolate custard muffin (coklat custard muffin), tapi aku akan membagikan bahan-bahan dan cara membuat resep cheese custard muffin. Cheese custard ini hasilnya super lembut karena aku kombinasikan dengan whipping cream. Alhasil cakenya jadi lembut banget, padet, empuk dan berasa creamy karena penambahan whipping cream tadi.
Kue muffin yang enak dan lembut pas sekali rasanya dengan parutan keju sebagai topingnya. Super yumii! Untuk tampilannya memang mirip dengan cheese muffin pada umumnya. Seperti Resep Bolu Hongkong Keju Almond In Cup Harum Super Lembut yang aku bagikan kemarin. Tapi untuk rasa jangan di tanya deh, super lembut dan rasanya enak banget.

Cara membuat Resep Cheese Custard Muffin With Whipping Cream ini tentunya mudah dan praktis ya bun. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah di cari dan terjangkau dimana-mana. Dari pasar tradisional, toko kue terdekat atau supermarket yang terjangkau dari tempat tinggal. Bunda bisa sajikan cheese custard muffin untuk bekal anak sekolah, camilan saat nonton tv atau ketika piknik bersama keluarga.

Penasaran ingin segera membuatnya? Yuk, disimak Bahan-bahan dan Cara Membuat Cheese Custard Muffin With Whipping Cream seperti di bawah ini. Selamat mencoba 🙂
Resep Cheese Custard Muffin dan Cara Membuatnya
Bahan-bahan Muffin :

  • Tepung hercules 20 gram
  • Maizena 30 gram
  • Gula pasir halus 225 gram
  • Susu cair full cream 250 mili liter (greenfreld)
  • Whipping cream cair 20 gram
  • Butter 3 sendok makan (bisa pake wysman)
  • Keju parut 160 gram (bisa pakai keju cheddar)
  • Minyak sayur 75 mili liter
  • Vanila bubuk 1/2 sendok teh
  • Telur 2 butir
  • Tepung segitiga biru 165 gram
  • BP 1 sendok teh
  • Soda kue 1/2 sendok teh

Topping Muffin :

  • Keju parut secukupnya

Step By Step Membuat Cheese Custard Muffin :

  1. Langkah awal campurkan tepung hercules, maizena, susu cair, gula pasir setengah bagian (yang setengah untuk nanti) masak sambil di aduk hingga meletup-meletup, matikan api lalu angkat.
  2. Selanjutnya masukkan keju parut dan butter kemudian aduk hingga lumer dan merata.
  3. Setelah itu masukkan tepur dan whipping cream cair, aduk rata. Tambahkan 1 butir telur dan sisa gula pasir tadi, aduk kembali hingga rata. Tambahkan minyak sayur, aduk kembali.
  4. Masukkan campuran terigu, BP dan soda kue, aduk balik hingga semua adonan merata. Tapi jangan sampai over mix ya 🙂
  5. Langkah selanjutnya tuang adonan ke dalam cup, cukup 3/4 dari cup saja. Beri topping keju parut bagian atas muffin.
  6. Terakhir panggang adonan muffin dengan suhu 180 derajat celcius kurang lebih selama 25-30 menit atau hingga matang.
  7. Hasilnya wangi banget, rasanya enak dan lembut. Tak kalah deh rasanya dengan cheese custard muffin yang biasa di jual di bakery-bakery. Mantap!
  8. Olahan keju memang selalu enak dan lezat ya bun, seperti Resep Brudel Keju Cakenya Orang Manado. Walaupun suka ada cake yang bikin eneg kalau di makan, tapi tidak untuk resep cheese custard muffin ini. Hasil akhirnya cocok di lidah dan tentu saja tidak membuat eneg di leher. Jadi bunda wajib mencobanya ya, keluarga pasti suka. Siap-siap ketagihan 🙂


Bahan-bahan yang digunakan menurut aku super ekonomis untuk hasil cheese custard muffin selembut dan seenak ini. Dibandingkan dengan membelinya di luaran yang satu cup nya biasa di jual sekitar Rp 9.000,- hingga Rp 15.000.-. Variasi harga muffin ini mungkin tergantung cup dan taburan yang digunakan. Tapi menurutku lumayan menguras kantong ya kalau belinya untuk keluarga sebanyak ini hehehe.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Resep Cheese Custard Muffin With Whipping Cream Super Ekonomis. Selamat mencoba dan bekreasi sendiri langsung dari dapur tercinta di rumah ya. Semoga bermanfaat 🙂
Sumber :  resephariini