Resep Bolu Gulung Pelangi Kukus Warna Warni Indah Langsung Enak dimulut

Bolu Gulung Pelangi atau yang sering disebut dengan Rainbow Roll Cake ini merupakan salah satu kreasi cara membuat Bolu Gulung Sederhana. jika biasanya bolu gulung hanya berwarna kecoklatan seperti bolu gulung coklat, bolu gulung vanilla, Bolu Gulung Strawberry atau hijau seperti bolu gulung pandan. akhir-akhir ini bolu gulung original dapat dikreasikan menjadi sebuah bolu gulung dengan citarasa dan kreasi yang lebih cantik dan menarik. seperti Bolu Gulung Pelangi ini yang mulai membuat banyak orang tertarik untuk mencicipinya karena tampilannya yang berwarna-warni seperti warna pelangi.
Kasus Bolu Gulung Pelangi ini sebenarnya hampir mirip dengan cara membuat Rainbow Cake ( Kue Pelangi ). yaitu sama-sama bermain warna dalam membuatnya dan anda harus di buat sedikit agak ribet memisahkan beberapa adonan dengan adonan lain lalu diberi warna sesuai warna pelangi yang anda inginkan. setelah itu baru deh adonan berwarna disemprotkan kedalam loyang dan di kukus hingga matang. oh ya, buat kalian yang penasaran resep dan cara membuat Rainbow Cake boleh lihat resepnya disini Resep Rainbow Cake Lembut Mudah.

Untuk membuat Bolu Gulung Pelangi memiliki dua versi dalam membuatnya ya yaitu dengan cara di kukus dan di panggang. untuk Bolu Gulung Pelangi Kukus biasanya tekstur cake nya sangat lembut dan sedikit basah. sedangkan untuk Bolu Gulung Pelangi Panggang cakenya sedikit kering namun teksturnya tetap sama-sama enak dan lembut. Bolu Gulung Pelangi ini cocok sekali disajikan sebagai sarapan pagi, camilan keluarga ataupun kudapan di acara-acara special anda seperti kumpul keluarga, arisan, lebaran Idul Fitri, lebaran Idul Adha, natal, khajatan, ulang tahun dan lain sebagainya.
Bolu Gulung Pelangi Kukus biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 20.000,- hingga Rp 35.000,-. harga tergantung isian toping yang digunakan dan size atau besar kecilnya Bolu Gulung Pelangi itu sendiri. untuk Bolu Gulung Pelangi isian toping seperti selai atau butter biasanya harganya lebih murah dibandingkan Bolu Gulung Pelangi dengan toping keju yang special. dan untuk Bolu Gulung Pelangi Mini juga harga lebih ekonimis dibandingkan dengan Bolu Gulung Pelangi Loyang besar.

Nah, bagi anda yang penasaran dan ingin sekali mencicipi lezatnya Bolu Gulung Pelangi yang enak dan super lembut jangan sampai anda melewatkan resep bolu gulung pelangi yang kami bagikan kali ini. dijamin keluarga pasti suka dengan bolu gulung pelangi yang anda buat. karena super-super lembut, empuk dan enak . oke tak panjang lebar lagi ya, yuck disimak dan pratekkan langsung Bahan-bahan dan Cara Membuat Bolu Gulung Pelangi Kukus seperti berikut ini.

Resep Bolu Gulung Pelangi dan Cara Membuat
Bahan-bahan Bolu Gulung Pelangi :

  • Telur 7 butir
  • Tepung terigu 200 gram
  • Tepung maizena 5 gram
  • Susu bubuk 5 gram
  • Cake emulsifier 1 sendok makan
  • Vanilla 1 sendok teh
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Gula pasir 190 gram
  • Susu cair 100 mili liter
  • Pewarna makanan yang halal dan sehat warna merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu ( atau bisa disesuaikan dengan selera )

Cara Membuat Bolu Gulung Pelangi Kukus :

  1. Langkah awal siapkan 3 loyang dengan ukuran 24x24x3 atau 2 loyang ukuran 30x30x3 centi meter, lalu olesi tipis dengan margarin, alasi kertas roti dan olesi dengan margarin kembali. sisihkan.
  2. Selanjutnya campur dan ayak tepung terigu, tepung maizena, baking powder dan susu bubuk. sisihkan.
  3. Setelah itu kocok dengan mixer telur, gula pasir dan cake emulsifier hingga mengembang dan kental berjejak. tambahkan vanilla, kocok rata. masukkan campuran tepung, aduk kembali hingga rata. masukkan susu cair, aduk balik adonan hingga rata.
  4. Bagi adonan menjadi 3 bagian sama banyak, kemudian masing-masing bagian dibagi kembali menjadi 6 bagian dan beri warna merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu.
  5. Langkah selanjutnya masukkan adonan ke dalam piring bag dan semprotkan melintang di atas loyang. warna warni ya, misal semprotan pertama warna merah, semprotan ke dua warna hijau dan seterusnya hingga mirip seperti warna rainbow / pelangi. jika suda selesai kukus adonan kurang lebih selama 10 menit dalam kukusan yang sebelumnya sudah dipanaskan terlebih dahulu. angkat, lalu balik di atas kertas roti.
  6. Dalam keadaan panas gulung Bolu bersama kertas rotinya dan biarkan hingga hangat.
  7. Buka gulungannya lalu beri filling /isian / olesan atau toping selai seperti selai coklat, selai kacang, selai stroberry, selai blueberry, keju, chocolate cream atau butter cream sesuai selera. gulung kembali sambil dipadatkan. potong-potong sesuai selera, sajikan.
  8. Jangan Lewatkan : Resep Martabak Manis Bangka Special
  9. Resep Bolu Gulung Meranti Khas Medan


Demikian bahan-bahan dan cara membuat Bolu Gulung Pelangi Kukus nya, cukup mudah untuk di pratekkan bukan? selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Bolu Gulung Pelangi Kukus yang kami bagikan kali ini. terimakasih sudah membuka resephariini.com, semoga dengan adanya resep bolu gulung pelangi sederhana ini dapat menambah wawasan anda dalam membuat cake yang enak, lembut, praktis dan mudah. sekian.

Sumber : resephariini