Resep Mirror Cake Strawberry a.k.a Kue Kaca Cantik Ala Rusia

Sepertinya di Dunia sedang booming cake yang berkilau bak kaca (cermin) yah? Sampai-sampai banyak akun artis kelas dunia seperti Britney Spears ikut antusias dengan cake ini. Tampilannya yang unik dengan lapisan cokelat yang mengkilap memang menampilkan hal baru di dunia baking. Awal populernya mirror cake terjadi karena ada salah satu orang Rusia yang memamerkan hasil karya nya melalui instagram.

Di telusuri dari akun Instagram nya gadis cantik asal Rusia yang bernama Olga Noskova, di sana banyak sekali kue kaca yang berkilau. Warna-warni yang diberikan sungguh cantik dan menggemaskan. Tak heran kalau ide kreatifnya populer dimana-dimana. Karena memang Olga Noskova ini sangat suka memasak dan menghias kue.

Mirror cake sebenarnya dibuat dari sponge cake atau pound cake dan tart ulang tahun biasa. Hanya saja yang membuat beda cake tersebut adalah icing yang berkilau yang membuat tampilannya semakin glamaour dan mengagumkan. Dan karena ketika melihat kue itu terdapat bayangan, cake ini pun terkenal dengan sebutan mirror cake, kue kaca atau kue cermin ala rusia.

Yang membuat rame di grup masakan akan resep mirror cake ini berasal dari website ResepAsik.com. Disana ada album mirror cake yang berisi banyak aneka kreasi mirror cake dari yang bentuk bulat, persegi, bunga, piramida, tas hingga bulat lonjong seperti telur. Serta warna-wani cantik seperti Resep Chocolate Mirror Cake, manggo mirror cake, mirror cake strawberry, blue mirror cake, yelow mirror cake dan red mirror cake. Nah, karena banyaknya netizen yang penasaran akan keberadaan cake mirror ini, Olga Noskova pun membeberkan rahasia terbentuknya icing cermin tersebut.

Ternyata setelah di telusuri cara membuat icing mirror atau lapisan mirror ini sangat mudah dan praktis. Di sana tertulis bahan-bahan dan cara membuatnya yang ia jelaskan secara gamblang. Ada pun bahan-bahan yang dibutuhkan adalah gelatin, air, sirup glukosa, gula, susu kental manis, air serta cokelat putih. Rahasia mengkilap bak cermin ternyata dari penggunaan gelatin di dalamnya.

Glaze yang terbuat dari cokelat ini seperti dilapisi agar-agar yang membuat tampilan layaknya kaca (cermin). Walaupun gelatin merupakan bahan utama membuat resep cake mirror, namun ada perdebatan karena penggunaan gelatin tersebut. Mungkin karena gelatin banyak yang dibuat dari olahan babi sehingga banyak orang Muslim yang takut mengkonsumsi gelatin. Padahal saat ini banyak tersedia gelatin halal yang terbuat  dari tulang ayam, sapi dan ikan.

Untuk mencari gelatin halal, anda dapat mencarinya di toko bahan kue terdekat hingga mini market dan super market. Silahkan teliti gelatin yang anda akan beli agar tidak ragu akan kehalalnya. Jika diliat di youtobe mungkin memang yang digunakan adalah gelatin babi, Karena memang mereka berasal dari Rusia. Jadi kita tinggal kreasikan bahan yang sesuai dengan kebutuhan kita saja ya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan salah satu kreasi dari olahan chocolate mirror cake glaze original yang terbuat dari cokelat. Untuk cake kaca coklat menggunakan coklat blok ( Dark Chooking Chocolate) ya. Sedangkan jika seperti Resep Mirror Cake Strawberry ini, kita akan menggunakan cokelat putih. Penggunaan cokelat putih ini yang akan menyamarkan warna cokelat bubuk, jadi kita dapat kreasikan dengan pewarna makanan sesuai pilihan seperti merah, kuning, hijau, ungu, biru, putih, hitam, hijau toska, cokelat dan lain sesuai selera.

Karena fokus utama kita Resep Mirror Cake Strawberry, jadi kita pun akan menggunakan sponge cake stroberry. Sebenarnya selain penggunaan kue lembut stroberry anda dapat menggunakan sponge cake vanila, sponge cake panda, sponge cake susu, dan sponge cake cokelat. Agar rasanya ngebland di mulut kami pun memilih menggunakan resep sponge cake strawberry.

Oke deh, berikut kami bagikan Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Mirror Cake Strawberry nya. Tapi sebelumnya simak dulu Resep Lemon Cake With Lemon Frosting Super Lembut, Sungguh! yang layak untuk dicoba. Cekidot!!

Resep Mirror Cake Strawberry dan Cara Membuatnya
Bahan-bahan Sponge Cake Strawberry :

  • Margarin 225 gram
  • Gula pasir halus 150 gram
  • Telur 5 butir
  • Tepung terigu protein sedang 175 gram
  • Tepung maizena 25 gram
  • Baking powder 1 1/2 sendok teh
  • Strawberry 100 gram (potong-potong)
  • Susu cair 50 mili liter
  • Pasta strawberry 1 sendok teh

Cara Membuat Sponge Cake Strawberry :

  1. Langkah awal blender halus buah strawberry dan susu cair. Tambahkan pasta strawberry, aduk rata. Sisihkan.
  2. Selanjutnya ayak tepung terigu, maizena dan baking powder. Sisihkan.
  3. Kocok margarin dan gula pasir halus hingga lembut dan putih seperti jambul petruk. Kemudian masukkan telur satu persatu bergantian dengan campuran tepung terigu sambil terus dikocok secara perlahan.
  4. Langkah selanjutnya tambahkan sisa campuran tepung terigu sambil dikocok perlahan (dengan mixer kecepatan rendah), bergantian dengan campuran susu dan strawberry tadi. Aduk rata.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang yang sebelumnya sudah diolesi dengan margarin dan ditaburi sedikit terigu.
  6. Kemudian panggang adonan cake ke dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang kurang lebih selama 45 hingga 60 menit.
  7. Silahkan lakukan tes tusuk, lalu angkat dan keluarkan cake dari loyang. Sisihkan.
  8. Walaupun menggunakan metode pound cake, hasil akhir cake ini sangat enak, lembut dan tak membuat seret ketika dimakan.

Bahan Icing Mirror Strawberry

  • Bahan Strawberry Mirror (Icing Kaca Strawberry Berkilau) :
  • Gelatin 2-4 lembar atau 8 gram (gunakan gelatin halal seperti sapi, ayam dan ikan), berat 1 lembar gelatin sekitar 4 gram
  • Gula pasir butiran halus 250 gram
  • Cokelat bubuk 80 gram
  • Krim kental (Double Cream) 80 mili liter
  • Air 150 mili liter
  • Cokelat putih 50 gram, lalu cincang (Untuk membuat cake mirror glaze berwarna memang menggunakan cokelat putih ya. Sedangkan untuk chocolate mirror cake bisa gunakan coklat blok DCC *Dark Cooking Chocolate*)
  • Pewarna makanan warna merah secukupnya sesuai selera (pilih yang kualitas bagus, halal dan sehat)


  1. Cara Membuat Strawberry Mirror :
  2. Pertama-tama rendam 8 gram lembar gelatin di dalam air dingin hingga lunak. Ambil, peras, sisihkan.
  3. Setelah itu campurkan gula pasir, cokelat bubuk. krim kental serta air dalam panci. Masak sambil diaduk teruh sampai mendidih (aduk terus ya, jangan ditinggal. biar tidak bau gosong adonannya). Angkat.
  4. Selanjutnya masukkan cincangan cokelat putih, aduk sampai mencair dan dapat tercampur rata. Tambahkan gelatin dan pewarna makanan merah, aduk sampai rata lalu saring. Dinginkan suhu ruang.

Cara Membuat Mirror Cake Strawberry :

  1. Ambil strawberry sponge cake kemudian letakkan di atas rak yang dibawahnya diberi nampan yang cukup besar.
  2. Setelah itu tuangkan icing stroberry berkilau ke tengah kue. Ratakan dengan menggunakan spatula logam panjar yang bertujuan agar stroberry kaca dapat menyebar ke seluruh bagian dan sisi cake.
  3. Resep Mirror Cake Strawberry a.k.a Kue Kaca Cantik Ala Rusia siap disajikan.
  4. Bagaimana resep strawberry mirror cake ini, mudah dipratekkan sendiri di rumah bukan? Untuk menambah kreatifitas anda dirumah, kami akan memberikan beberapa foto mirror cake dengan warna-warni cantik agar anda dapat berkreasi warna sesuai keinginan. Yuk disimak, hati-hati ngiler loh ya

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Resep Mirror Cake Strawberry a.k.a Kue Kaca Cantik Ala Rusia. Jangan lupa buka juga Resep Red Velvet Cupcake Panggang Enak Simpel No Ribet yang patut untuk dicoba. Terimakasih sudah membuka resephariini.com, semoga bermanfaat.

Sumber : resephariini