Resep Kue Kering Nastar Selai Nanas Keju Empuk Enak dan Renyah Spesial Lebaran

Sudah menjadi tradisi di Indonesia bahwa kue kering nastar istimewa ini menjadi menu wajib untuk di hari raya Lebaran. Terlebih lagi, banyak sekali yang menjadi peluang bisnis pasar kue kering.
Tak heran karena rasa kue nastarnya yang begitu renyah dan empuk, di tambah dengan selai nanas yang enak di dalamnya, apalagi di atasnya bertaburan keju yang kering di atasnya. mmm.... yummyy !
Nama nastar sebenarnya berasal dari nama asing yaitu "nastaart" yang berarti "Pineapple Cake". Di masyarakat sunda sering disebut "Ganas Jeung Tarigu (Nanas Dan Terigu)". Kalian pastinya tahu dong, kue nastar ini merupakan menu wajib yang ada dalam daftar sajian hari raya lebaran. Hihihi.

Dalam bahasa inggrisnya sendiri sering disebut "Pineapple Tarts" atau "Pineapple Nastar Roll". Sajian kue lebaran ini terkenal juga pada saat perayaan imlek lho. Kue nastar di Imlek sebenarnya juga sudah merupakan tradisi lama yang wajib disuguhi. Kue kering yang berisikan selai nanas ini mengandung arti dan simbol kemakmuran.

Sejarah Asal Usul Mula Nastar

Dalam bahasa hokian berarti "Ong Lai". Maksudnya adalah buah pir emas yang mengandung makna kemakmuran datang kemari. Rezeki dan keberuntungan selalu datang. Warna emas, dan tekstur lembut dan rasa manisnya melambangkan rezeki yang melimpah dan manis. Terlebih jika isi nanasnya lebih banyak, maka rezekinya akan banyak berlimpah limpah.

Awal mulanya, nastar juga lebih ke arah ritual keluarga, dimana setiap keluarga membuat kuenya sendiri dengan menggunakan resep dari turun temurunnya. Namun seiring berjalannya waktu, ritual tersebut hilang dan para pengusaha bakery yang melihat peluang ini mengambil kesempatan untuk membuat kue nastar dan dijualnya sebelum imlek datang.

Tentunya seperti yang kita lihat, kue nastar kadang kali dijual lebih mahal, ya tetapi untuk kualitasnya juga sebanding dengan harga.
Cara membuat kue kering nastar nanas yang enak dan renyah tentunya membutuhkan kesabaran agar kue nastar yang dihasilkan sempurna rasanya. Kalian bisa membuatnya dengan bantuan orang terdekat kalian agar proses membuatnya menjadi lebih mudah dan efisien. Silahkan diikuti cara membuat kue nastar yang kering spesial lebaran.


Bahan yang diperlukan dalam membuat Resep Kue Kering Nastar Keju Yang Renyah
  • 250 gram tepung terigu
  • 50 gram gula halus
  • 200 gram margarine (lelehkan)
  • 100 gram keju cheddar
  • 3 butir telur
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 sdm tepung maizena
  • sedikit keju parutan untuk taburan

Bahan untuk olesan Resep kue kering nastar yang enak dan empuk
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sdm margarine (lelehkan)

Bahan untuk isi nastar selai nanas spesial Untuk Nastar Keju Istimewa Di Hari Raya Lebaran
  • 1 buah nanas (parut terlebih dahulu)
  • 1 batang kayu manis
  • 2 bungkus vanili
  • 10 sdm gula pasir (sesuaikan manisnya dengan selera)

Cara membuat Selai Nanas Untuk Nanas Nastar Keju Yang Istimewa
  1. Masukkan nanas yang telah diparut ke dalam telfon yang sudah disiapkan.
  2. Masak nanas dengan api sedang, kemudian masukkan gula pasir, vanili dan kayu manis sambil di aduk-aduk hingga adonan nanas tidak berair dan terlalu lengket.
  3. Angkat dan dinginkan adonan nanas sampai bisa dibulatkan kecil-kecil Resep Kue Kering Nastar Spesial Keju Empuk, Enak Dan Renyah

Cara membuat Olesan Kue Nastar Keju Isi Nanas Lembut Spesial Untuk Lebaran
  1. Pisahkan antara putih telur dengan kuning telur. Kemudian ambil kuning telurnya dan campurkan dengan madu. Lalu aduk rata.
  2. Cara membuat Kue Kering Nastar Nanas Keju Yang Enak

 Cara Membuat Kue Nastar Isi Nanas
  1. Telur di pecah dan pisahkan antara kuning dan putih telur, ambil bagian kuningnya saja. Kemudian masukkan gula halus dan margarin cair, lalu aduk rata dengan menggunakan mixer.
  2. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena satu persatu, aduk sebentar sampai adonan merata (adonan bisa menjadi keras jika kalian mengaduknya terlalu lama).
  3. Diamkan adonan sebentar, lalu bentuk adonan tersebut dengan mengambil sedikit adonan tadi, pipihkan, dan masukkan adonan selai nanas. Kemudian bentuklah menjadi bulat.
  4. Setelah itu, beri olesan yang sudah di campur dengan kuning telur dan madu ke bagian atas adonan. Taburkan sedikit parutan keju diatasnya, lalu beri olesan lagi.
  5. Letakkan adonan ke dalam loyang yang sudah dipersiapkan. Sebelumnya, loyang diberi olesan margarine agar hasilnya tidak lengket. Beri jarak antara kue yang satu dengan yang lain disebelahnya sekitar 1cm.
  6. Jika loyang sudah penuh, masukkan loyang ke dalam oven. Panggang  dengan suhu 180 derajat Celcius selama 25 menit. Lalu keluarkan.
  7. Agar hasil kue nastar menjadi lebih bagus, kue nastar yang sudah matang, dikeluarkan kemudian beri olesan lagi dan panggang dalam wktu 10 menit Resep Kue Kering Nastar Nanas Spesial Keju Empuk, Enak Dan Renyah

Tips Untuk Mengganti Selai Nanas
Jika kalian terlalu repot untuk membuat selai nanas dari buah nanas langsung, kalian bisa menggantinya dengan selai nanas siap saji yang beredar di supermarket terdekat.
Tetapi karena selai nanasnya bersifat siap saji, keringkan selai nanas tersebut ke dalam penggorengan agar sewaktu-waktu selai didalamnya tidak menjamur.


Selain kue nastar keju yang dihidangkan di menu spesial lebaran, ada Resep Kue Coklat Kacang Mede Enak dan Praktis yang bisa kalian lihat di resep berikutnya. Selamat Mencoba ya :-)
Manfaat Dan Fungsi Nanas Untuk Kesehatan
Kombinasi nanas dengan kue keringnya sangat pas dan menggoyang di lidah. Sehingga kue nastar ini banyak yang memiliki penggemarnya. Selain itu ada banyak manfaatnya lho jika kita memakan nastar. Diantaranya adalah

Manfaat Dan Fungsi Nanas Untuk Kesehatan

  • Menyuburkan rambut
  • Senyawa Cystine pada buah ini dapat membantu proses pembentukkan kulit dan rambut. Selain itu dapat menyuburkan dan menunda penuaan pada rambut. Sehingga rambut tetap sehat.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Asam amino yang terkandung didalamnya terkenal dalam mengatasi rasa lelah, dan lainnya. Dengan mengonsumsi buah nanas secara rutin, tubuh akan menjadi sehat bugar kembali. Asam amino nya juga dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh.
  • Membantu menjaga kesehatan gigi
  • Mau gigi sehat? Tentu dengan nanas yang mengandung vitamin C ini dapat mencegah terjadinya pembentukkan plak pada gigi yang menyebabkan rasa nyeri pada gusi gigi. Tentunya anda juga harus rajin menyikat gigi dan merawatnya.
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Kandungan enzim proteiolitik nya berfungsi menyerap lemak pada pencernaan sehingga lemak akan terbuang bersamaan dengan feses. Selain itu vitamin C nya juga dapat membantu proses pembakaran lemak agar tidak menumpuk di dalam tubuh. Dengan memakan nanas, diet anda menjadi sehat dan tidak terserang penyakit
  • Menurunkan tekanan darah dalam tubuh
  • Serat pada buah yang satu ini berperan dalam mencegah lemak terserap di dalam sistem pencernaan. Sangat cocok untuk penderita darah tinggi. Mengonsumsi setiap harinya dapat membantu menurunkan tekanan darah.
Sumber : kuekeringku