Resep Donat Empuk Irit Tanpa Telur & Susu Tanpa Ulen Empuk Loh Bund!

Aihhh aihhhh lama2 buat donat bisa tanpa tepung nich😂😂 Ini tekstur na lembut dan ringan wlopn udah lama. Serasa mkn donat jco kw😆😆 Ibu biasa buat donat pke sp saya modif tanpa ulen ternyata g kalah endes ama donat yg pke telur dan susu😉 Lets we try...

Bahan-bahan :
  • 250 gram terigu protein tinggi, cakra (saya kehabisan jd pke full segitiga)
  • 1 sdt fermipan
  • 130 ml air hangat (jgn panas nanti ragi mati)
  • 1/2 sdm sp
  • 2 sdm gula
  • 2 sdm mentega
  • Sedikit garam & vanily

Langkah :

  1. Ambil 1 sdm gula dri takaran gula, masukan dlm air hangat, aduk, lalu masukan ragi aduk sdkit saja. Tutup dan tunggu slama 10 menit, jika ragi berbuih tanda na ragi bgs dan aktif.
  2. Dalam wadah lebar, masukan sisa gula, sp, garam, vanily, aduk. Lalu masukan air ragi,aduk. Terakhir masukan mentega dan ulen asal rata saja.
  3. Tutup adonan dengan serbet lalu diamkan selama 30 menit sampai kembang. Keadaan cuaca mempengaruhi ya, klo hari panas cpat kembang na tpi klo mendung/hujan butuh wkt ckp lama agar dy kembang.
  4. Setelah kembang, taruh di meja/wadah lebar. Uleni sedikit agar angin na kluar dan beri sedikit taburan tepung. Disini adonan akan lebih keras dan mudah di bentuk. Saya bentuk pke cetakan donat dgn ketebalan 1 cm tpi klo g ada bisa di bulatkan saja. Celupkan ke tepung stiap 1x mencetak donat.
  5. Tutup serbet dan diamkan selama 15-30 menit sampai donat kembang kembali.
  6. Panaskan minyak cukup banyak dengan api sedang lalu goreng donat. Cukup skali balik saja ya agar tdk byk nyerap minyak. Jdi perhatikan saat menggoreng, klo sdh coklat langsung balik. Matang, angkat dan tiriskan.
  7. Saya jadi 16🍩
  8. Setelah dingin tinggal di toping sesuai selera😚😚saya pke gula halus alna org rmh lebih suka mkn donat pke gula.
  9. Serat na...... lembyuttttttttt😍😍 serasa mkn donat jco kw😆😆
  10. Beberapa hari lalu saya jd kn roti sobek, lembyuttttt banget, asal di simpan dalam wadah tertutup rapat sampe besok roti tetep lembut dan g kering.
  11. Saya pke isian coklat yg buat sendiri, nyoklatttt rasa na. Ada di list resep saya😉
  12. Syukaaaa simpan donat na sampe besok. Donat na tetap lembut tapi agak padat, enyakkkkk😆😆
  13. Tingkyu mba fajri udh rikuk, g tau knp cp eror kyk na sehingga kiriman si mba na g muncul😥
Sumber : cookpad