Resep Rahasia Membuat Bakso Sapi Yang Kenyal Dengan Kuah Spesial


Makanan bakso menjadi makanan paling favorit semua orang terutama saya sendiri. Dulu hampir setiap malam saya jajan bakso dipinggiran jalan karena banyak sekali penjualnya namun saya biasa beli ditempat langganan karena baksonya special beda dari pada yang lain dan juga sangat kenyal. Pada saat itu saya terinspirasi bagaimana jika mencoba untuk bikin sendiri dirumah.

Makanan bakso menjadi makanan paling favorit semua orang terutama saya sendiri. Dulu hampir setiap malam saya jajan bakso dipinggiran jalan karena banyak sekali penjualnya namun saya biasa beli ditempat langganan karena baksonya special beda dari pada yang lain dan juga sangat kenyal. Pada saat itu saya terinspirasi bagaimana jika mencoba untuk bikin sendiri dirumah.

Niatnya bakso tapi bentuknya tidak seperti bakso. Mungkin ini waktu blender daging dan es batu saya pakai air. Jadi ga ke bentuk bola-bola bakso. Kalo rasa udh pas dah mirip bakso abang2 😁

Bahan-bahan

Bakso:
  • 10 porsi
  • 500 gram daging sapi
  • 100 gram sagu tani, kurangi ya
  • 1 butir putih telur
  • 5 siung bawang putih tumbuk
  • 5 siung bawang putih digoreng dan di tumbuk
  • secukupnya es batu kecil
  • secukupnya garam
  • 1 sachet penyedap sapi
  • sedikit merica
  • sedikit gula
  • secukupnya air, skip aja
Kuah kaldu:
  • secukupnya sisa kaldu dr rebusan tulang
  • secukupnya penyedap,garam,merica

Sambal:
  • 10 buah rawit merah, rebus ulek halus
  • secukupnya garam, penyedap
Langkah Pembuatan:

Siapkan daging dan es batu. Bersihkan urat dan lemak jika ada


Kemudian blender hingga halus. Untuk tahap ini yang buat bakso saya tdk bisa di bentuk dan lembek. Sebaiknya jgn ditambahkan air ya.



Tambahkan bawang putih, putih telur, sagu, garam, pnyedap, garam, merica ke dalam daging yg sdh halus. Aduk rata. Seperti ini penampakannya.

Panaskan air yang sudah di bumbui bumbu kuah sampai memdidih dan matikan api.

Bentuk bakso dengan bantuan tangan dan sendok. Cemplungkan ke air panci sampai adonan habis. Nyalakan api hingga bakso mengapung.

Sambil menunggu mengapung. Siapkan bahan sambal rebus cabe, tambahkan garam penyedap dan beri sedikit air rebusan kuah bakso. Siap di sajikan dengan pelengkap sesuai selera.