Resep Membuat Eggless Chocolate Cake Super Moist Lembut Meski Tanpa Telur

Resep cake yang aku buat ini tanpa menggunakan telur, teksturnya itu moist banget, enak dan sehat tentunya, kue ini rasanya tidak terlalu manis, sangat pas di padukan dengan rasa krim yang manis. Selain itu kandungan kopi di dalamnya dapat memperkuat rasa coklatnya. Aku pribadi sudah cocok bangeet dengan resep eggless chocolate ini, rasanya enak dan cara membuatnya juga mudah. Dan berikut ini resep membuat eggless chocolate cake super moist dan nyoklat banget

Eggless Chocolate Cake
Bahan - Bahan

  • Susu cair 1 ½ cups (360 ml)
  • Cuka apel 2 sendok teh
  • Apple sauce 1 ¼ cups (300 ml)
  • Kopi ½ cup (120 ml)
  • Canola oil 2/3 cup (160ml)
  • Vanilla 2 sendok teh
  • Tepung terigu 2 cups + 2 sendok makan (320 gram)
  • Gula pasir 1/2 cup (110 gram)
  • Coklat bubuk 1 cup (96 gram)
  • Soda kue 1 sendok teh
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Garam ¼ sendok teh


Chocolate frosting cream:

  • Mentega, biarkan di suhu ruang 250 gram
  • Gula pasir 1 cup (225 gram)
  • Coklat bubuk 2/3 cup (60 gram)
  • Dark cooking chocolate, lelehkan ¼ cup (30 gram)
  • Vanilla 1 sendok teh


Cara Membuat Eggless Chocolate Cake

  1. Pertama panaskan dulu oven dengan suhu 200 Celcius, lalu persiapkan loyang, olasi dengan margarin secara tipis, kemudian lapisi dengan baking paper. ( kalo aku pakai loyang round dia ukuran 18 cm, hasil menjadi 3 layer cake.  Adonan bisa antri oven).
  2. Masukkan dan campurkan 360 ml susu cair dengan 2 sendok teh cuka apel ke dalam wadah, lalu biarkan selama 5 - 8 menit. Kemudian tambahkan 160 ml minyak, 120 ml kopi, 300 ml apple sauce dan 2 sendok teh vanilla, aduk sampai rata menggunakan whisk. sisihkan
  3. Pada wadah yang lain, campur 320 gram tepung, dengan 110 gram gula pasir, 96 gram coklat bubuk, 1 sendok teh soda kue, 1 sendok teh baking powder dan 1/4 sendok teh garam, aduk sampai rata.
  4. Setelah itu masukkan campuran tepung/bahan kering tersebut ke dalam adonan susu tadi, dan aduk sampai rata. (apanila bunda mau pakai mixer, cukup gunakan speed paling terendah yaa). Kalo aku cukup pakai whisker saja.
  5. Bagi adonan jadi tiga bagian, lalu panggang di dalam oven dengan suhu 180c selama 25 sampai 30 menit, atau sampai matang, kemudian biarkan dingin dulu sebelum di lapisi frosting.
  6. Membuat Frosting cream : Kocok 250 gram mentega dengan 225 gram gula pasir sampai lembut, lalu tambahkan 60 gram coklat bubuk, 30 gram DCC yang sudah di lelehkan dan 1 sendok teh vanilla, dan kocok kembali sampai rata serta lembut.
  7. Penyelesaian : Ambil 1 layer cake lalu kasih frosting secukupnya, lakukan terus untuk cake yang lainnya sampai seluruh layer di beri frosting, dan terakhir, oleskan frosting cream ke seluruh bagian kue. kemudian rapihkan dengan bantuan palet yang sudah di rendam air panas dan di lap kering. Hias atau beri topping dengan chocolate bar atau sesuai selera masing-masing.

  8. Selesai! kini Eggless Chocolate Cake Tanpa Telur Yang Super Moist dan Nyoklat Banget sudah jadi dan siap bunda sajikan untuk keluarga tercinta atau cake ini bisa bunda jadikan sebagai kue ulang tahu pernikahan bunda dan anaknya di rumah


Selamat Mencoba

Catatan Penting

  1. Penggunaan Canola oil bisa bunda ganti dengan minyak biasa ya.
  2. Penggunaan Cuka apel bisa bunda ganti juga dengan cuka makan biasa.
  3. Untuk penggunaan gula pasir yang aku tulis di atas sudah aku kurangi dari resep aslinya, karena menurutku rasa base cake yang tidak begitu manis sudah cukup untuk mengimbangi frosting yang sudah manis.
  4. Larutan kopi bisa bunda ganti dengan susu cair sesuai dengan ukuran nya ya
  5. Penggunaan Apple sauce di sini gunanya sebagai subtitusi telur supaya teksturnya lebih moist dan lembut. Atau bisa juga bunda ganti dengan pure labu, tetapi menurut resep aslinya bilang,
  6. Penggunaan apple sauce akan lebih enak daripada yang lain. apabila bunda tidak mempermasalahkan dairy product, bisa bunda ganti dengan heavy cream, atau krim sejenis nya.
  7. Chocolate frosting cream bisa bunda ganti dengan ganache chocolate atau cream yang lain, sesuai selera bund ya.
  8. Meskipun cake ini tidak menggunakan telur, hasilnya sangat moist dan lembuuut banget, mungkin karena penggunaan applesauce di dalamnya

Sumber : mondeid