Resep dan Cara Membuat Kue Bolu Gulung Cokelat Kukus yang Enak, Lezat dan Spesial


Hidangan kue bolu gulung cokelat adalah sajian yang nikmat dan lezat. Hidangan ini pun akan dapat anda buat dirumah dengan special. Ingin tahu seperti apa resep membuat sajian kue bolu gulung cokelat kukus? Maka tak perlu khawatir kita simak langsung seperti apa cara membuat kue bolu gulung coklat kukus dibawah ini.
Bahan-Bahan Membuat Kue:
  • 4 butir telur
  • 20 gram cokelat bubuk
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh cokelat pasta
  • 25 gram minyak goreng
  • 1 sendok teh emulfisier (sp/tbm)
  • 60 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 30 ml santan kental instan

Bahan Pelapis Kue (Aduk Merata):
  • 25 gram selai kacang
  • 25 gram selai cokelat

Tips Mempersiapkan Bahan dan Peralatan:

  1. Lakukan hal pertama dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk membuat adonan kue. Hal ini dikarenakan peralatan ini, akan sangat anda butuhkan. Peralatan tersebut diantaranya adalah baskom, mixer, kukusan dan baskom yang akan digunakan untuk membuat adonan kue. Mengingat pentingnya mempersiapkan peralatan kali ini, maka tidak sebaiknya langkah ini anda lewatkan begitu saja.
  2. Nah, setelah peralatan dipersiapkan, lanjutkan dengan mempersiapkan bahan baku untuk kue seperti tepung terigu. Caranya, masukkan tepung kedalam wadah penimbang dan ukur dengan takaran yang sudah ditentukan dalam resep. Ukuran untuk tepung ini harus sesuai, karena takaran yang pas pada tepung akan menentukan kualitas dari si kue yang anda buat. Setelah tepung diukur, masukkan tepung dalam wadah untuk kemudian bahan ini akan diayak dengan menggunakan saringan untuk memisahkan partikel kasar dari tepung, setelah itu sisihkan sementara.
  3. Untuk minyak goreng, disini kita menggunakan minyak goreng sebagai bahan penggant dari mentega. Jika anda memiliki mentega dirumah, maka silahkan gunakan bahan tersebut.
  4. Untuk santan kental ini anda bisa mendapatkannya dari perasan kelapa parut atau jika anda ingin lebih mudah, maka santan kental bisa didapat dari santan instant yang saat ini banyak dijual dipasaran.
  5. Sementara untuk sisa bahan-bahannya, silahakn sisihkan sementara. Karena bahan ini akan dapat dicampur secara langsung dan dibuat bersamaa dengan adonan.

Cara Membuat Kue Bolu Gulung Cokelat Kukus:

  1. Olesi terlebih dahulu loyang berukuran 24x24x4 cm dengan menggunakan minyak goreng atau dengan menggunakan margarin secara merata. Lalu alasi bagian atasnya dengan menggunakan kerta roti. Hal ini dimaksudkan agar kue yang anda buat tidak menempel pada loyang yang membuatnya sulit untuk dikeluarkan.
  2. Setelah itu, siapkan baskom dan mixer, lalu kocok gula pasir, emulsifier bersama dengan telur. Aduk-aduk secara merata semua bahan ini dan kocok dengan menggunakan mixer pada kecapatan tinggi sampai bahan ini mengembang dan berwarna kepucatan.
  3. Kemudian, masukkan tepung terigu kedalamnya bersama dengan cokelat bubu dna juga baking powder sambil diayak-ayak hingga habis. Aduk-aduk dengan perlahan dan campurkan secara merata.
  4. Masukkan campuran minyak goreng bersama dengan santan dan juga pasta cokelat. Aduk-aduk bahan ini secara merata.
  5. Ambil loyang dan tuangkan adonan kedalamnya. Ratakan bagian atasnya dengan menggunakan spatula.
  6. Siapkan pengukusan dan masukkan adonan kue kedalamnya. Lalu kukus selama kurang lebih 15 menit atau sampai matang.
Angkat kue, tunggu sampai menjadi lebih hangat dan berikan bahan pelapis dibagain atas kue. Llau gulung dan padatkan. Potong dan sajikan.
Jangan lupa bagikan resep ini dan berikan pula komentar anda dibawah ini.