Resep Puding Cassablanca Dengan Aroma Bakar Menggoda

Puding Cassablanca alias puding bakar merupakan salah satu sajian kue yang mulai naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Nama dan asal-muasal mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian masyarakat Indonesia, akan tetapi rasanya begitu menggoyang lidah dan beri sensasi kangen usai mencicipi untuk pertama kali. Selalu muncul keinginan untuk makan lagi dan lagi.

Proses pembuatan dan cara penyajian Resep Puding Cassablanca berbanding terbalik 360 derajat dari kerabat dekat puding basah. Jika puding biasanya wajib disimpan dalam kulkas, enak disaji dingin dan disantap pakai saus manis tambahan, maka puding bakar justru lebih fleksibel. Banyak orang menyukainya karena aroma wangi, tekstur lembut dan rasa manis.

Ibarat menyesuaikan nama alternatifnya, proses pembuatan Puding Cassablanca jauh berbeda seperti puding basah. Adonan justru tidak dimasak langsung via panci di atas nyala api kompor, melainkan panggang langsung ke dalam oven dengan suhu panas tertentu. Penasaran ingin menjajal resep Puding Cassablanca? Siapkan bahan dan ikuti langkah berikut ini yang mengandalkan alat pemanggang Lock And Lock Oven Glass Steam Hole.

Bahan Utama:
  • 3 butir telur, pisahkan putih dan kuning. Keduanya masih dipakai, jangan buang!
  • Agar-agar bening kemasan 7 gram, siapkan 1 1/2 bungkus.
  • 50 gram margarin Blue Band
  • 40 gram tepung terigu
  • 1/4 kaleng susu kental manis
  • 210 gram gula pasir
  • 3 gelas air
  • 20 gram coklat bubuk
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk


Cara Membuat:
  1. Gunakan mixer untuk mengocok rata kuning telur, 110 gram gula pasir dan vanili sampai mengembang.
  2. Tambahkan susu kental manis sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk adonan dengan mixer kecepatan rendah. Tambahkan tepung terigu hingga kocok merata lalu tuang margarin dan aduk rata.
  3. Siapkan panci untuk memasak agar-agar beserta 100 gram gula dan 3 gelas air. Aduk semua bahan hingga mendidih kemudian tuang ke adonan kuning telur sembari aduk cepat secara merata. Tambahkan lagi dengan 3 butir putih telur yang dikocok hingga mengembang, tuang sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk dan tercampur rata.
  4. Bagi adonan jadi dua bagian dan taruh pada dua wadah terpisah. Salah satu adonan ditambahkan coklat bubuk yang sudah dilarutkan sedikit air.
  5. Tuang adonan putih dan coklat secara bergantian ke pemanggang Lock And Lock Oven Glass Steam Hole yang sudah dilapisi margarin agak tebal. Pada saat menuangkan adonan, terus aduk sisanya agar tidak gampang beku.
  6. Panggang adonan ke oven bersuhu 175 Celcius. Angkat keluar dari oven saat muncul gelembung di bagian pinggir yang menandakan matang.
  7. Taruh puding di lemari es agar uap panas cepat hilang.
  8. Lakukan pemotongan sesuai selera ketika adonan mulai mengeras.


Jika ingin memperoleh aroma bakar pada permukaan Resep Puding Cassablanca, jangan memakai wadah pemanggang dengan tutup silicon utuh. Boleh saja memakainya asal lubang udara dalam kondisi terbuka sehingga mempermudah uap panas keluar. Ada banyak alat pemanggang handal, salah satunya Lock And Lock Oven Glass Steam Hole. Selain memiliki tutup silikon berwarna atraktif, pemanggang tahan suhu panas mencapai 200 Celcius.

Jangan menuang adonan terlalu banyak ke alat pemanggang hingga terisi penuh. Mengapa demikian? Nanti adonan bakal mengembang sebagai akibat dari pemakaian putih telur. Jika mengisi sampai kepenuhan, adonan puding mudah tumpah pada saat pemanggangan tengah berlangsung. Selamat mencoba Resep Puding Cassablanca Dengan Aroma Bakar Menggoda, semoga berhasil.

Sumber: http://www.rahasia.id/2016/03/resep-puding-cassablanca-dengan-aroma.html