Resep Pandan Cake dengan Susu Kental Manis. Lembut, Enak dan Wangii!

Pingin buat kue atau cake yang gampang, praktis dan murah meriah? Resep Pandan Cake yang satu ini mungkin bisa dipertimbangkan. Resep hasil kreasi Bunda Tintin ini tidak membutuhkan bahan pengembang seperti SP atau TBM. Awalnya ragu juga sih, apa iya cake nya bisa mengembang tanpa SP atau TBM. Ternyata memang mengembang dengan sempurna!

Berbeda dengan resep sejenis lainnya, resep kali ini juga tidak perlu pake acara memisahkan kuning dan putih telor. Jadi lebih parktis dan cepat.

Tapi meski gampang dan praktis, jangan remehkan hasilnya. Pandan cake ini ini ternyata uenaak!, wangi, rich dan padat. Cara memanggangnya yang dibantu dengan sedikit air membuat kue lebih terasa lembab, lembut dan enak dimakan. Yuk langsung kita coba aja.

Bahan-bahan:
  • 150 gram Susu Kental Manis putih
  • 120 gram Tepung (Merk kunci)
  • 120 gram Butter (merk Anchor)
  • 2 butir Telur
  • 40 gram Gula Pasir butiran halus
  • 1/4 Garam Halus
  • 1 sdt Pasta Pandan 

Cara Membuat:
  1. Masukkan butter dan gula dalam wadah, lalu mixer sampai mengembang dan creamy dengan warna pucat.
  2. Tuangkan pasta pandan dan garam, lalu mixer dengan kecepatan rendah. Yang penting rata aja ya bun.
  3. Masukkan susu kental manis dan mixer lagi.
  4. Terakhir, masukkan tepung terigu dan mixer sebentar, disusul dengan telur dan kembali di-mixer sampai benar-benar rata.
  5. Tauangkan adonan cake ke dalam loyang yang sudah di beri alas kertas roti sebelumnya.
  6. Siapkan loyang lebar yang sudah diisi air setengah penuh. Taruh loyang lebar berisi air ini pada oven bagian paling bawah, sedangkan loyang berisi roti diletakkan di bagian tengah. Tujuannya adalah supaya cake terasa lebih lembut dan moist.
  7. Panggang cake dengan suhu 180C selama sekitar 25 menit. Keluarkan loyang berisi air dan lanjutkan memanggan selama sekitar 20 menit menggunakan suhu 160C. Jika cake ditusuk sudah tidak lengket, berarti sudah jadi.


Selesaaai! Meskipun tanpa pengembang, ternyata cake pandan bisa mengembang dengan baik. Potong-potong cake pandan dengan ukuran sesuai selera dan langsung siap disajikan. Baunya benar-benar wangi perpaduan khas dari susu dan pandan. ueeenak bangettt!

Selamat mencoba yaa! jangan lupa share resep ini ke teman-teman lainnya :)

Resep by: Bunda Tintin Rayner

 Sumber: http://www.rahasia.id/2016/03/resep-pandan-cake-dengan-susu-kental.html