Resep Dan Cara Membuat Kue Bolu Sarang Semut Karamel Lembut


Pernahkah anda mencicipi sajian lezat kue bolu sarang semut karamel? Ya, kue bolu dengan rasa yang lezat dan cara penyajian yang begitu unik ini sebenarnya gampang dibuat. Kue dengan tekstur yang lembut dan bagian berongga di dalamnya membuat kue unik ini dinamai dengan kue sarang semut. Saat ini kue sarang semut sudah banyak dijual ditoko kue sehingga bagi anda yang ingin menikmati kelezatan kue sarang semut anda bisa langsung pergi ke toko kue dan membelinya. Kue sarang semut akan terasa begitu lezat jika disantap bersama dengan keluarga, kerabat dekat atau sahabat tercinta. Selain itu, sajian kue ini juga cocok dihadirkan dalam menu kue lebaran, kue natal ataupun dalam perayaan-perayaan lainnya. Kue sarang semut ini umumnya akan terasa lebih sempurna jika dinikmati sewaktu santai sebagai camilan yang disantap bersama dengan secangkir teh.

Nah, resep kue sarang semut sendiri umumnya begitu sederhana, bahan-bahan yang diperlukanpun begitu mudah dijumpai sehingga bagi anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah anda tentu bisa mempraktikannya dengan mudah. Hanya saja, pada beberapa kasus, banyak para ibu yang telah mencoba mempraktikan membuat kue ini mengeluhkan jika kue sarang semut yang dibuatnya tidak menghasilkan rongga yang cantik dibagian dalam dan kue yang dibuatnya malah menjadi bantat sehingga pada akhirnya mereka malah kecewa dan menyerah. Namun dengan resep kue sarang semut karamel kali ini, anda akan mengetahui rahasia membuat kue sarang semut dengan rongga di bagian dalamnya dan tekstur kue yang lebih lembut. Seperti apa resepnya? Kita simak berikut ini.

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bolu Sarang Semut Karamel
  • 75 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung maizena
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sendok teh soda kue
  • 3 butir telur ayam, dikocok lepas
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 ml air panas
  • 50 gram margarin, diaduk-aduk pakai garpu hingga lembut
  • 75 ml susu kental manis putih
  • 1/2 sendok teh baking powder
Cara Membuat Kue Bolu Sarang Semut

1. Langkah pertama, panaskan terlebih dahulu gula pasir dalam wadah panci kecil hingga gula berwarna kecoklatan dan mencair.
2. Kemudian tuangkan air panas dan rebus hingga karamel menjadi larut, kemudian sisihkan sementara biarkan hingga dingin. Lalu saring dan ukur sebanyak 250 ml.
3. Selanjutnya, siapkan loyang cincin dengan diameter dibawah ukuran 16 cm, kemudian olesi dengan margarin dan berikan taburan tepung terigu hingga merata. Dan panaskan oven dengan suhu 180 derajat.
4. Dalam wadah lain ayak terigu, tepung mazeina, soda kue, baking powder dan garam kemudian masukkan telur ayam dan air karamel secara berseling dambil diaduk dengan whisker hingga rata dan licin.
5. Selanjutnya masukkan margarin, aduk hingga merata, berikan susu kental manis kemudian aduk kembali hingga merata dan tuangkan ke dalam loyang.
6. Terakhir masukkan dalam loyang dan panggang dalam oven selama kurang lebih 45 menit atau hingga matang dan keluarkan kemudian dinginkan dan sajikan.

Sumber: http://bisikan.com/resep-dan-cara-membuat-kue-bolu-sarang-semut-karamel-lembut