Resep Cara Bikin Kue Nastar Tanpa Mixer & Oven. Gampang dan Praktis!

Nastar merupakan salah satu jenis kue kering terpopuler di Indonesia. Meski sudah tersedia di pasaran dalam kemasan toples plastik transparan, banyak orang rela menyisihkan waktu berharga untuk membuat sendiri di rumah. Mudah sekali mengumpulkan semua bahan dan mengikuti proses pembuatan kue gurih manis ini. Tak heran nastar menjadi pilihan cemilan beken untuk menyambut tamu dan perayaan hari besar seperti lebaran atau natal.

Kue nastar terbuat dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang dibentuk bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm. Sensasi rasa gurih manis berasal dari selai nanas yang merupakan "isi", kemudian dipercantik dengan hiasan cengkeh atau potongan kecil kismis. Walaupun selai nanas merupakan senjata utama tak terpisahkan, beberapa orang memodifikasi resep dengan memakai selai bluberi, anggur dan stroberi.

Meskipun mengusung pengalaman seru dan menyenangkan, beberapa orang enggan membuat nastar sendiri di rumah karena alasan tertentu. Selain faktor tidak memiliki tenaga dan waktu, ketiadaan peralatan pendukung seperti mixer dan oven dianggap sebagai biang kerok. Memang benar kedua peralatan tersebut memegang peranan penting, tetapi bisa teratasi dengan trik sederhana.

Berikut ini ada resep kue nastar tanpa bantuan mesin mixer dan alat pemanggang oven, cocok sekali bagi mereka yang tinggal di kos tetapi ingin membuat sendiri. Semua bahan utama hampir serupa dengan resep kue nastar pada umumnya, namun perbedaan justru terletak pada proses pembuatan.

Bahan-bahan:
  • Kuning telur 2
  • Gula halus 3 sendok makan
  • Mentega 1 bungkus blueband atau 150 gram
  • Tepung terigu 16 sendok makan
  • Susu bubuk putih dencow 1 sachet 27grm
  • Keju parut kira2 2-3 sendok makan
  • Vanili 1/2 sendok teh
  • Tepung maizena 2 sendok


Olesan & topping nastar:
  • Keju parut (buat taburan)
  • Kuning telur (buat olesan)


Cara Membuat:

  1. Kuning Telur di kocok sebentar, masukin mentega dan gula halus.
  2. Campurkan sisa adonan (terigu,susu,keju,maizena dan vanili).
  3. Bentuk sebesar kelereng.
  4. Olesi atas nya dengan kuning telur.
  5. Taburi keju parut.
  6. Panggang dalam dandang atau panci selama 30 menit.


Resep Cara Bikin Kue Nastar Tanpa Mixer & Oven justru lebih mengandalkan panci atau dandang sebagai alat pengganti. Agar adonan kue matang sempurna luar dalam, jangan beri air pada panci dandang yang condong ke teknik kukus dan bukan teknik panggang. Pada saat memanggang adonan, kondisi api kompor disetel agak kecil sehingga hampir mati. Setidaknya butuh waktu kurang lebih 35 menit agar kue matang dan siap santap.

Topping nastar berupa keju parut boleh diganti dengan potongan kecil kismis, cengkeh atau apa saja sesuai selera. Sementara itu penggunaan susu bubuk tak harus bermerek dancow, boleh diganti merek lain asalkan bukan rasa coklat yang justru merusak cita rasa orisinil nastar. Bentuk kue tak selamanya bulat-bulat, boleh agak lonjong atau sesuai keinginan anda. Selamat mencoba.

Sumber: http://www.rahasia.id/2016/03/resep-cara-bikin-kue-nastar-tanpa-mixer.html