Rahasia Ayam Goreng ala KFC yang Enak, Renyah dan Tidak Keras

Setelah berkali-kali gagal, akhirnya bunda Afifah berhasil juga membuat ayam goreng tepung ala KFC yang renyah dan enak. Saking enaknya sampai sang suami menghabiskan nasi hampir satu rice cooker. Mantaaaap! Tidak hanya itu, Bunda lain yang ikut mencoba resep ini juga melaporkan hasil yang sama mantapnya. Kebanyakan mengatakan rasanya enak abiiiisssss.

Nah, Bunda semua juga sepertinya wajib menyimpan dan mempraktekan resep ini di rumah. Dijamin suami dan anak-anak bakal ketagihan. Siap-siap aja masak nasi yang banyak yaaa.. hehe.

Sebenarnya apa rahasia resep ayam goreng ini bisa jadi enak dan renyah? Ternyata ada teknik pendinginan dan penggunaan bahan-bahan khusus yang bisa di simak pada resep berikut:

Bahan-bahan:  by Yantie(Recook by Afifah Ummu Fahd)
  • 20 potong sayap ayam (atau 1 ekor ayam utuh dipotong-potong)
  • 4 siung Bawang putih haluskan
  • 3 sdm Oat Quaker (kalau tidak ada bisa pake tepung gandum biasa)
  • 2 butir telur
  • 1 sdt lada bubuk (bisa juga pake lada hitam)
  • 1 sdt ketumbar haluskan
  • 1 batang serai memarkan (optional)
  • minyak untuk menggoreng (butuh cukup banyak supaya ayam terendam seluruhnya / deep frying)
  • Terigu + garam + lada secukupnya 


Cara membuat:
  1. Cuci sayap ayam sampai bersih. Jika menggunakan ayam utuh, potong
  2. menjadi 8 bagian atau sesuai selera. Kemudian lumuri ayam dengan bumbu halus yang terdiri dari ketumbar, bawang putih, garam dan lada. Masukkan juga serai, tapi dalam resep ini saya nggak pakai. Ingat, ayam masih dalam keadaan mentah ya Bun. Kalau direbus dulu nanti malah tidak meresap bumbunya.
  3. Blender 3 sdm Oat Quaker bersama 2 butir telur. tambahkan 1 sdm air jika perlu. Blendernya sebentar saja ya bun. Tuang hasil blenderan pada daging ayam, lalu aduk sampai merata.
  4. Nah bagian ini paling penting. Simpan ayam di lemari es (bukan di freezer tapi ya) minimal 4 jam atau lebih. Semakin lama semakin kriuk, tapi mungkin tidak semua orang suka yang terlalu renyah. Jangan lupa baskom/wadah ditutup ya. Bisa pake plastik seperti di gambar atau menggunakan wadah Tupperware yang sudah ada tutupnya.
  5. Siapkan ayam yang sudah bercampur dengan adonan oat-telur, dan tepung terigu yang sudah diberi sedikit garam dan lada. Aduk dahulu adonan oat+ayam sampai merata. lalu gulingkan pada tepung terigu. 
  6. Goreng dalam minyak yang benar-benar panas, tapi menggunakan api kecil. Jadi tekniknya panaskan minyak dengan api besar, setelah panas lalu kecilkan api sebelum memasukkan ayam (Ini penting ya bun). Ayamnya jangan di bolak-balik supaya nggak ancur tepungnya. Waktu penggorengan sekitar 11 menit.
  7. Goreng ayam sampai berwarna kecoklatan. tapi sebelum di angkat, besarkan api sebentar lalu angkat dan tiriskan.


Ayam goreng ala KFC sudah jadi dan siap disantap. Sajikan dengan nasi hangat dan sambal favorit.
Selamat mencoba dan jangan lupa share ke teman lainnya ya :)

Sumber: https://www.facebook.com/UmmuFahdAlFatih