Inilah 4 Khasiat Kol Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, No 3 Sungguh Tak Terduga!


Manfaat kol sebagai sayuran sehat sudah tidak perlu diragukan, sayuran yang penuh dengan serat ini sangat penting untuk kesehatan. Kol atau yang disebut juga dengan kubis, merupakan salah satu sayuran yang banyak ditemukan di Indonesia.
Kol termasuk jenis capitata, yaitu sayuran yang memanfaatkan daunnya yang membentuk bulat padat. Sayuran kol sendiri merupakan sayuran yang berasal dari wilayah Eropa yang sudah tersebar luas di berbagai belahan bumi. Sekitar empat ratus jenis varietas kol dibudidayakan di seluruh dunia. Seperti manfaat pada jenis sayuran contohnya manfaat ketimun, manfaat seledri atau pun manfaat terong, manfaat kol dengan kandungannya sangat baik bagi tubuh, lalu apa saja ?. , seperti:

1. Membantu pembentukan sel darah merah
Zat besi merupakan komponen yang membuat proses pembentukan sel darah merah lebih produktif, sehingga menghindarkan diri dari gejala anemia. Mengkonsumsi kol dapat disandingkan dengan jus jeruk, karena manfaat jeruk mampu mengoptimalkan penyerapan zat besi dari manfaat kol.
2. Mencegah kanker
Golongan kubis-kubisan seperti kol memiliki zat yang mampu memerangi sel kanker dalam tubuh. Zat tersebut akan merangsang enzim untuk menahan laju pertumbuhan tumor. Penelitian di Cina juga menghasilkan wanita yang mengkonsumsi sejumlah sayuran seperti kol, brokoli mengalami penurunan resiko terjadinya gejala kanker payudara.
3. Mengontrol tekanan darah tinggi
Kalium memang senyawa yang baik untuk mengurangi gejala hipertensi, tingginya kandungan kalium dalam Kol/Buncis membuatnya merupakan salah satu makanan yang disarankan untuk darah tinggi.
4. Menurunkan Berat Badan
Kol merupakan salah satu jenis sayuran yang paling dianjurkan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cara alami yang sehat. Kol memiliki banyak kandungan vitamin yang bermanfaat, mineral, dan zat gizi lainnya, anda dapat memakan kol dalam jumlah yang banyak karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan rendah kalori, ia tidak akan menyebabkan berat badan anda.
5. Baik Untuk Otak
Kol atau kubis sumber sayuran yang sangat banyak vitamin K dan antosianin yang dapat membantu kesehatan mental dan konsentrasi otak. Nutrisi ini juga dapat mencegah kerusakan saraf, meningkatkan pertahanan membantu mencegah penyakit Alzheimer, dan demensia. Oleh karenanya kubis sangat bermanfaat untuk kesehatan otak anda.
6. Sehat untuk pencernaan
Sayuran kaya akan serat, termasuk kubis, untuk itu jenis kol akan membantu menyehatkan pencernaan di bandingkan dengan konsumsi daging.
7. Mengatasi Sakit Kepala
Menggunakan daun kubis yang dikompres hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit pada kepala. Selain itu, menghancurkan daun kubis dan meletakkannya di dahi juga dapat meringankan sakit kepala. Untuk sakit kepala kronis, membuat jus kubis 25-50 ml dapat membantu membasmi sakit kepala tersebut.

Sumber: http://manfaat.co.id/manfaat-kol