Cara Membuat Tahu Sendiri Di Rumah. Gak Ribet! Lebih Enak, Lebih Sehat!

Mengkonsumsi tahu setiap hari sangat baik untuk kesehatan, apalagi kaya vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya sejumlah oknum penjual nakal menjajakan barang dagangan yang sudah disusupi senyawa kimia berbahaya seperti formalin. Walaupun tahu lebih tahan lama dan kenyal, tetapi mengancam keselamatan jiwa bagi konsumen.

Meski khawatir, masyarakat seolah tak bisa lepas dari kebutuhan asupan harian tahu. Selain enak bergizi, produk olahan kedelai ini harganya sangat terjangkau.

Jika ingin mengkonsumsi tahu sehat tanpa harus beli di pasar tradisional atau supermarket terdekat, coba buat sendiri di rumah. Membuat tahu itu cukup mudah. Hanya perlu menyiapkan bahan utama berupa kedelai jenis apapun, tetapi pilih berkualitas tinggi untuk hasil akhir memuaskan.

Resep Tahu Buatan Rumah tergolong sederhana. Selain kedelai sebagai bahan utama, ada beberapa alat perlengkapan wajib yakni blender, kain, cetakan dan pemberat. Proses pembuatan tergolong singkat alias tak makan banyak waktu, malahan tak perlu menjadi koki profesional untuk membuat tahu enak. Tahu buatan tangan sendiri jauh lebih aman ketimbang beli di luar. Berikut adalah resep dan cara membuat tahu dari bundaa Puji Astutik yang banyak sekali disukai di internet:

Bahan-bahan:

  • 500 gram kacang kedelai berkualitas
  • 4-5 sendok makan cuka salad
  • 3-4 liter air


Cara membuat:

  1. Cuci bersih 500 gram kacang kedelai kemudian rendam semalaman.
  2. Dari 500 gram kacang kedelai membutuhkan air 3-4 liter. Kedelai yang sudah di rendam buang air rendamannya dan cuci lagi hingga bersih. Kemudian blender sedikit demi sedikit bersama air dimana takaran air 2x lebih banyak dari kedelai.
  3. Setelah di blender kurang lebih 2-3 menit sampai jadi susu kedelai lalu saring pakai kain dan tuang susu separo saja agar tidak kesusahan merasnya nanti. Peras sampai tinggal ampasnya dan lakukan seterusnya dengan cara sama.
  4. Rebus susu kedelai sampai mendidih lalu tunggu hingga uap panasnya mereda lalu tuang cuka 4-5 sendok makan dan tunggu sampai dingin serta menggumpal.
  5. Siapkan dua wadah kotak yang bawahnya berlubang dan terlapis kain keju.
  6. Tuang ke wadah yg sudah di lapisi kain lalu tunggu susu kedele yang sudah menggumpal dan dingin.
  7. Tutup dan ratakan kain.
  8. Tumpangi dengan wadah yang sama dan beri pemberat. Tunggu sekitar 40 menit.
  9. Tahu pun jadi.


Resep Tahu Buatan Rumah dijamin lebih sehat dan lezat untuk diolah menjadi beragam jenis masakan. Sekilas proses pembuatan tampak rumit, tetapi semua terasa lebih mudah jika dijalani terus menerus. Meskipun tak secepat membeli "tahu jadi" di pasar atau supermarket terdekat, pastinya rasa aman bagi kesehatan jauh lebih penting karena tak memakai senyawa kimia berbahaya.

Penggunaan cuka pada resep ini tak boleh sembarangan melainkan cuka salad. Jika kesulitan untuk mencari atau mau hemat biaya, boleh diganti perasan air jeruk lemon dengan komposisi serupa. Ketika tahu sudah jadi alias mengeras hingga membentuk cetakan, maka sudah siap untuk diolah lagi menjadi hidangan lain sesuai selera makan.

Resep: Puji Astutik

Sumber: http://www.rahasia.id/2016/04/cara-membuat-tahu-sendiri-di-rumah.html